Bagi sobat yang berilmu diperintahkan oleh Allah untuk berbagi ilmu yang dimilikinya dengan cara yang baik, yaitu dengan hikmah atau pelajaran yang baik. Penulis akan mengulas dari pendekatan ayat Allah tentang keutamaan berbagi ilmu.

Menurut KBBI ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis dengan metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala atau fenomena tertentu. Ilmu adalah kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui, dalam bentuk jamak disebut ‘ulum artinya memahami sesuatu dengan hakikatnya. Jadi ilmu merupakan aspek teoritis dari pengetahuan.

Sebelum membagikan ilmu, sobat wajib untuk menganalisa kebenaran ilmu terlebih dahulu. Bukan karena siapa yang berbicara tapi tentang apa yang dibicarakan. Seorang profesor sekalipun belum tentu apa yang disampaikan sama dengan benar, jika memang yang disampaikan tidak benar. Bahkan seorang anak kecil saja belum tentu salah, jika apa yang disampaikan adalah suatu kebenaran. Hal ini secara jelas tercantum dalam Al Quran dan hadis berikut ini:

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkarQS. Ali Imron 110

Barangsiapa yang menunjukkan pada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakanHadist HR. Muslim 1893

Allah telah menjelaskan secara lugas, bahwa manusia diciptakan menjadi makhluk yang terbaik untuk manusia yang lain. Manusia diciptakan dengan dilengkapi akal dan perasaan untuk berfikir, mencari ilmu pengetahuan, membedakan benar salah, dan supaya memberi manfaat yang baik (ma’ruf) serta berusaha untuk mencegah hal-hal yang buruk (munkar).

Allah memberikan kelebihan pada masing-masing orang dengan keunikannya masing-masing. Sehingga tidak ada alasan bagi sobat untuk tidak beramal membagikan ilmunya, baik kepada anak, teman atau khalayak masyarakat melalui media langsung ataupun tak langsung, baik melalui tulisan, disampaikan melalui lisan atau bahkan dipercontohkan melalui perbuatan.

Allah juga menjanjikan pahala atas kebaikan seseorang yang telah membagi ilmunya dengan ditambah balasan pahala yang sama dengan orang yang mengerjakan perbuatan baik yang telah diajarkan orang pertama. Inilah keutamaan berbagi ilmu, bagi sobat yang telah berbagi ilmu akan mendapatkan bonus pahala yang double.

Allah maha adil terhadap semua umatnya, barangsiapa yang beriman kepada Allah, mengerjakan kebajikan, berbuat baik pada orangtua dan mendoakannya akan dijadikan sebagai penghuni Surga. Setiap orang memperoleh tingkatan, sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka tidak dirugikan (QS. Al Ahqaf 15-19).

Sungguh besar sekali karunia nikmat ilmu, iman dan islam yang diberikan pada kita semua. Semoga pahala baik mengalir kepada kita hingga anak cucu kita kelak. Aamiin aamiin ya Robbal alamiiin.