Pandemi Covid-19 menjadi hal besar yang berpengaruh di berbagai sektor. Tak melulu kesehatan, aspek pendidikan, sosial, gaya hidup, dan yang terasa besar dampaknya adalah perekonomian. Tak heran, banyak masyarakat justru kalap mata, melakukan berbagai cara dan tindak kriminalitas di luar akal sehat.

Bila Sobat Inspirasi melihat beberapa kanal berita online, media elektronik, hingga konvensional, pandemi Covid-19 tak hanya melemahkan imunitas tubuh, namun juga melemahkan hati nurani dan tingkat empati manusia.

Banyak kasus kekerasan dan tindak kriminalitas yang mencuat akibat kondisi yang menghimpit, ekonomi yang terus melemah, tuntutan pemenuhan hidup, hingga kondisi psikis yang terganggu akibat stress dan tekanan mental dari berbagai aspek kehidupannya. Bahkan di Meksiko, lonjakan angka pembunuhan dan tindak kriminalitas bisa mencapai 1.000 kasus dalam waktu 3 bulan. Dimana waktu itu merupakan puncak pandemi Covid-19 dengan berbagai kebijakan dan karantina yang membuat warganya menemui kebuntuan hidup.

Sebab itu, pastikan Sobat Inspirasi tetap berpikir sehat di tengah pendemi ini!

Meski telah memasuki era new normal dengan tatanan normal baru, pandemi Covid-19 ini belum berakhir dan masih berlangsung di tengah kehidupan kita.

Bagaimana cara untuk Tetap Berpikir Sehat di tengah pandemi? Lakukan 6 cara berikut:

1. Bersyukur

Dengan terapi syukur, sobat dapat lebih mendekatkan diri pada Tuhan, mensyukuri atas segala nikmat yang diberikan, seperti nikmat oksigen tanpa bayar, nikmat mata untuk melihat, kaki untuk berjalan, tangan untuk berusaha dll.

Sobat juga bisa meningkatkan rasa syukur dengan melihat kondisi orang lain yang memiliki masalah lebih berat dari diri sobat, sehingga dapat lebih menerima kondisi diri dan mengambil hikmah dibalik sebuah musibah. Lakukan terapi syukur setiap hari dan dalam sehari minimal 5 kali.

2. Kreatif menguatkan perekonomian keluarga

Himpitan ekonomi menjadi momok besar di situasi Pandemi Covid-19 ini. Orang jadi lupa caranya berpikir sehat, karena sudah terhimpit masalah ekonomi yang bisa berujung mengerikan seperti: prilaku menyimpang, tindakan kriminalitas, kekerasan hingga pembunuhan.

Ekonomi keluarga yang menjadi kacau balau, bukan berarti membuatmu harus menyerah bukan? Jadilah orang yang kreatif untuk tetap bisa bertahan di tengah pandemi.

Sobat bisa mencari penghasilan tambahan yang relevan, menjual produk musiman, menawarkan jasa yang banyak dibutuhkan saat pandemi, dan masih banyak cara kreatif lain tanpa melanggar hukum dan norma. Melatih diri untuk menjadi kreatif, merupakan cara menyenangkan untuk tetap berpikir sehat.

3. Bijak memilah informasi

Memang baik mengikuti perkembangan berita tentang pandemi Covid-19 ini agar kita dapat lebih waspada. Namun, jangan sampai terjebak pada setiap informasi atau berita yang sobat dapat ya! Pilah informasi yang benar dan pastikan setiap informasi yang sobat dapat akan berdampak baik. Tujuannya, agar tidak terjadi kecemasan yang berlebihan.

4. Jalin komunikasi dengan kerabat

Kita ditakdirkan sebagai makhluk sosial bukan? Maka penting untuk terus menjalin komunikasi yang hangat dengan kerabat agar berdampak positif bagi diri kita. Sobat bisa mencoba bercerita bila ada permasalahan, seperti kepada orangtua, saudara, teman, atau pasangan (suami/istri). Dengan cara ini, sobat bisa lebih tenang, dapat terhindar dari kecemasan berlebih dan tetap berpikir sehat.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat secara berimbang, akan membuat tubuh sehat dan daya tahan tubuh kuat. Mengingat daya tahan tubuh menjadi tameng utama kita dalam menghadapi virus Covid-19 ini.

Asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental dengan baik sehingga kita tetap berpikir sehat.

6. Berolahraga dan istirahat yang cukup

Berolahraga dapat mengatur detak jantung menjadi stabil, asupan oksigen yang masuk ke otak menjadi cukup dan peredaran darah lancar keseluruh tubuh.

Dengan berolahraga dapat menjadikan tubuh sehat dan dapat berpikir sehat karena nutrisi otak tercukupi. Selain itu sobat juga perlu istirahat yang cukup agar emosi dapat terkontrol sehingga dapat tetap berpikir sehat.

Jadi, ayo semangat untuk terus berpikir sehat ya sobat Inspirasi! Semoga tulisan ini bisa menginspirasi agar tetap menjadi β€œManusia Sehat” di tengah Pandemi Covid-19 yang melelahkan ini.